Minggu, 24 April 2011

Penilaian Kemampuan menyusun RPP

PENILAIAN KEMAMPUAN MENYUSUN RPP
Nama Penyusun       : .....................................
Mata Pelajaran         : .....................................
KD/Unit/Tema         : .....................................
NO.
ASPEK PENILAIAN
DESKRIPSI
HASIL CHEK/ VALIDASI
1.
Kesesuaian SK, KD, indikator dan alokasi waktu
a.   Rumusan standar kompetensi (SK) dan KD sesuai dengan standar isi
b.   Rumusan indikator berisi perilaku untuk mengukur tercapainya KD
c.   Rumusan indikator berupa kata kerja operasional
d.  Alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi dan alokasi yang tersedia di silabus


2.
Tujuan Pembelajaran
Rumusan Tujuan Pembelajaran selaras dengan KD

3.
Pengembangan materi dan bahan ajar
a.   Materi Pembelajaran benar secara teoritis
b.   Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (selaras dengan KD)
c.   Materi pembelajaran dijabarkan dalam bahan ajar secara memadai dan kontekstual


4.
Metode Pembelajaran
a.   Metode Pembelajaran bervariasi
b.   Tiap-tiap metode yang dicantumkan benar-benar tercermin dalam langkah-langkah pembelajaran


5.
Langkah-langkah Pembelajaran
a.   Pendahuluan berisi pengaitan kompetensi yang akan dibelajarkan dengan konteks kehidupan siswa atau kompetensi sebelumnya
b.   Kegiatan inti dituliskan secara rinci untuk menjabarkan tahapan pencapaian KD disertai alokasi waktu
c.   Inti pembelajaran yang dirancang berfokus pada siswa
d.  Inti pembelajaran memberi kesempatan siswa bekerja sama dengan teman atau berinteraksi dengan lingkungan/masyarakat sekitar
e.   Penutup pembelajaran berisi penyimpulan/ refleksi/ atau tindak lanjut (tugas pengayaan/pemantapan)
f.    Rumusan langkah-langkah pembelajaran menggambarkan kegiatan dan materi yang akan dicapai


6.
Sumber Belajar
a.   Sumber belajar sesuai untuk mendukung tercapainya KD
b.   Sumber belajar bervariasi


7.
Penilaian
a.   Alat penilaian sesuai dan mencakup seluruh indikator
b.   Rubrik/pedoman penyekoran/kunci jawaban dicantumkan secara jelas dan tepat


Catatan Kelebihan/Kekurangan :
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Kriteria Penilaian
Deskripsi yang sempurna mendapat skor 2
Deskripsi yang kurang sempurna mendapat skor 1 dan tidak adanya deskripsi mendapat skor 0
Skor maksimal 20 x 2 = 40
Nilai =            Skor perolehan
                                                    x 100
                             40
Semarang,
Pengawas
Guru yang bersangkutan

...........................................                                                                                                             .............................................
NIP.                                                                                                                                                NIP.
Mengetahui :
Kepala Madrasah/Sekolah

..............................................
NIP .....................................

IPKG 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(Skor Maksimal : 68)


INTRUMEN PENILAIAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Skor Maksimal: 180)






NO
INDIKATOR / ASPEK YANG DINILAI
SKOR
I
PERANGKAT PEMBELAJARAN

1
Silabus dan KKM
1
2
3
4
2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
1
2
3
4
3
Buku teks untuk siswa
1
2
3
4
4
Buku Rujukan / referensi guru
1
2
3
4
5
Peraga, model, certa, alat/bahan, atau media lain
1
2
3
4
6
Daftar Nilai (Kognitif, afektif dan psikomotorik)
1
2
3
4
7
Buku catatan pribadi
1
2
3
4



II.
PERSIAPAN PEMBELAJARAN

1
Memeriksa dan menyiapkan ruangan tempat praktik
1
2
3
4
2
Menyiapkan alat , bahan dan media pembelajaran
1
2
3
4
3
Memeriksa presensi siswa dan mengisi journal pembelajaran
1
2
3
4
4
Menyampaikan / manulis tema / topik dan tujuanpembelajaran
1
2
3
4



IV.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN

A.
Penguasaan Materi Pembelajaran
1
2
3
4
1
Mendemonstrasikan kompetensi yang akan dicapai
1
2
3
4
2
Menunjukkan penguasaan Materi
1
2
3
4
3
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
1
2
3
4
4
Mengaitkan materi dengan realita kehidupan
1
2
3
4
5
Menggunakan unsur-unsur sosio-kultural
1
2
3
4



B.
Pendekatan/ strategi Pembelajaran

1
Pembelajaran sesuai kompetensi yang akan dicapai
1
2
3
4
2
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1
2
3
4
3
Menguasai kelas/tempat praktik
1
2
3
4
4
Melaksanakan pembelajaran psikomotorik
1
2
3
4
5
Menumbuhkan kebiasaan positif
1
2
3
4
6
Sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
1
2
3
4
7
Menghubungkan materi dengan kehidupan sosial
1
2
3
4



C
Pemanfaatan Sumber Belajar / Media Pembelajaran

1
Terampil menggunakan sumber belajar / media pembelajaran
1
2
3
4
2
Menghasilkan pesan yang menarik siswa
1
2
3
4
3
Melibatkan siswa dalam pembuatan/pemanfaatan sumber/media pembelajaran
1
2
3
4



D
Peran aktif dan ketertiban siswa dalam pembelajaran

1
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, dan sumber belajar
1
2
3
4
2
Merespons positif partisipasi siswa
1
2
3
4
3
terbuka terhadap respons siswa
1
2
3
4
4
Memfasilitasi interaksi guru-siswa , siswa-siswa
1
2
3
4
5
menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
1
2
3
4
6
Menunjukkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
1
2
3
4
E
Penggunaan Bahasa


1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
1
2
3
4
2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
1
2
3
4
3
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1
2
3
4
F
Penilaian Proses dan Hasil belajar

1
Memantau kemajuan belajar dalam penilaian proses
1
2
3
4
2
Melakukan penilaian akhir sesuai kompetensi
1
2
3
4
V
PENUTUP

1
Melakukan refleksi dalam menyimpulkan dengan melibatkan siswa
1
2
3
4
2
menyampaikan rangkuman materi yang dipelajari
1
2
3
4
3
melaksanakan tindak lanjut dengan memberi tugas
1
2
3
4
4
Salam penutup
1
2
3
4

JUMLAH SKOR IPKG. 2


TOTAL SKOR (TS2)


NILAI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN







Petunjuk Skoring




1 = tidak baik




2 = kurang baik




3 = baik




4 = sangat baik




NPP = TS dibagi skor maksimal dikalikan 100










CATATAN PEMBINAAN




…………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………..
…………………………………………………………………………………………………………………………………………..








Semarang,



Pengawas

Guru Yang Bersangkutan
















………………………………
………………………….
NIP.

NIP.



Mengetahui :
Kepala Madrasah/Sekolah












………………………………..
NIP ………………………


INSTRUMEN PENILAIAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Skor Maksimal : 180)

NO
INDIKATOR / ASPEK YANG DINILAI
SKOR
I
PERANGKAT PEMBELAJARAN

1
Silabus dan KKM
1
2
3
4
2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran




3
Buku teks untuk siswa




4
Buku rujukan/referensi guru




5
Perag, model, cerita, alat/ bahan, media lain




6
Daftar nilai (kognitif, afektif dan psikomotorik)




7
Buku catatan pribadi / perkembangan siswa










II
PERSIAPAN PEMBELAJARAN




1
Memeriksa dan menyiapkan ruangan/ tempat praktik




2
Menyiapkan alat, bahan dan media pembelajaran





IPKG 3
PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN
PENILAIAN HASIL BELAJAR
(Skor Maksimal : 36)

NO
KOMPONEN PENILAIAN HASIL BELAJAR
SKOR
1
Menyusun perencanaan ulangan per semester
1
2
3
4
2
Menyusun penetapan KKM ulangan per semester (UH, UTS, UAS,/UKK)
1
2
3
4
3
Melaksanakan penilaian hasil belajar (kognitif)
1
2
3
4
4
Melaksanakan penilaian hasil belajar (psikomotorik)
1
2
3
4
5
Melaksanakan penilaian hasil belajar (afektif)
1
2
3
4
6
Memiliki daftar nilai kognitif
1
2
3
4
7
Memiliki dokumen soal ulangan harian (UH)
1
2
3
4
8
Memiliki dokumen soal ulangan tengah semester (UTS)
1
2
3
4
9
Memiliki dokumen soal ulangan akhir semester/ulangan kenaikan kelas (UAS/UKK)
1
2
3
4

JUMLAH SKOR





TOTAL SKOR (TS)





NILAI PERENCANAAN PEMBELAJARAN (NPP)





Petunjuk Skoring :
1 = tidak baik
2 = kurang baik
3 = baik
4 = sangat baik
NPHB = TS dibagi skor maksimal dikalikan 100

* Khusus untuk mata pelajaran yang memiliki ranah psikomotorik

CATATAN PEMBINAAN:
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Bonang,
Pengawas
Guru yang bersangkutan


........................................                                                                                   ........................................
NIP.                                                                                                                    NIP.
Mengetahui :
Kepala Madrasah/Sekolah



.............................................
NIP ...................................



(IPKG 4)
ANALISIS PENILAIAN HASIL BELAJAR
(Skor maksimal : 20)

NO
KOMPONEN ANALISIS PENILAIAN HASIL BELAJAR
SKOR
1
Memiliki format analisis hasil penilaian kognitif
1
2
3
4
2
Memiliki format analisis hasil penilaian psikomotorik
1
2
3
4
3
Melaksanakan analisis hasil penilaian ulangan harian (UH), dilengkapi daftar siswa peserta perbaikan dan pengayaan
1
2
3
4
4
Melaksanakan analisis hasil penilaian ulangan tengah semester (UTS), dilengkapi daftar siswa peserta perbaikan dan pengayaan
1
2
3
4
5
Melaksanakan analisis hasil penilaian ulangan akhir semester/ulangan kenaikan kelas (UAS/UKK), dilengkapi daftar siswa peserta perbaikan dan pengayaan
1
2
3
4

JUMLAH SKOR





TOTAL SKOR





NILAI ANALISIS PENILAIAN HASIL BELAJAR





Petunjuk Skoring :
1 = tidak baik
2 = kurang baik
3 = baik
4 = sangat baik
NPHB = TS dibagi skor maksimal dikalikan 100

* Khusus untuk mata pelajaran yang memiliki ranah psikomotorik

CATATAN PEMBINAAN:
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Bonang,
Pengawas
Guru yang bersangkutan


........................................                                                                                   ........................................
NIP.                                                                                                                    NIP.
Mengetahui :
Kepala Madrasah/Sekolah



.............................................
NIP ...................................





(IPKG 5)
PELAKSANAAN PROGRAM PERBAIKAN DAN PENGAYAAN
(Skor maksimal : 52)

NO
A. KOMPONEN PERBAIKAN (REMIDIAL)
SKOR
1
Memilki daftar siswa yang mengikuti program remidial
1
2
3
4
2
Memiliki daftar kompetensi/indikator yang belum dicapai oleh siswa yang mengikuti program remidial.
1
2
3
4
3
Menyusun Rencana Program Pembelajaran Perbaiakan ((RPPPb)
1
2
3
4
4
Melaksanakan pembelajaran remidial
1
2
3
4
5
Menyusun soal tes perbaikan
1
2
3
4
6
Melaksanakan tes perbaikan/tes ulang
1
2
3
4
7
Memiliki nilai hasil tes perbaikan
1
2
3
4

JUMLAH SKOR KOMPONEN PERBAIKAN










NO
B. KOMPONEN PENGAYAAN (ENRICHMENT)
SKOR
1
Memilki daftar siswa yang mengikuti program pengayaan
1
2
3
4
2
Memiliki daftar kompetensi/indikator yang belum dicapai oleh siswa yang mengikuti program pengayaan.
1
2
3
4
3
Menyusun Rencana Program Pembelajaran PPengayaan ((RPPPy)
1
2
3
4
4
Melaksnakan pembelajaran pengayaaan
1
2
3
4
5
Menyusun soal tes pengayaan
1
2
3
4
6
Melaksanakan tes perbaikan/tes ulang
1
2
3
4
7
Memiliki nilai hasil tes pengayaan
1
2
3
4

JUMLAH SKOR
1
2
3
4

JUMLAH SKOR IPKG 5 (PERBAIKAN DAN PENGAYAAN





TOTAL SKOR (TS)





NILAI PROGRAM PERBAIKAN DAN PENGAYAAN  (NP3)





Petunjuk Skoring :
1 = tidak baik
2 = kurang baik
3 = baik
4 = sangat baik
NPHB = TS dibagi skor maksimal dikalikan 100

* Khusus untuk mata pelajaran yang memiliki ranah psikomotorik

CATATAN PEMBINAAN:
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Bonang,
Pengawas
Guru yang bersangkutan


........................................                                                                                   ........................................
NIP.                                                                                                                    NIP.
Mengetahui :
Kepala Madrasah/Sekolah



.............................................
NIP ...................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar